INAUGURASI angkatan 2023 di Sinjai Barat: Mengabdi untuk Masyarakat dan Lingkungan.

  • 09 September 2024
  • 09:36 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

SINJAI BARAT, 9 September 2024 – Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar sukses melaksanakan kegiatan inaugurasi di Desa Sapotoayya, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, dari tanggal 4 hingga 7 September 2024. Mengusung tema PEKAN AKRAB (Peduli Pendidikan dan Kesehatan Melalui Pengabdian), kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus dalam kehidupan bermasyarakat.

Berbagai kegiatan sosial, edukasi, dan lingkungan digelar selama acara berlangsung. Para mahasiswa mengadakan kegiatan belajar mengajar di SD 68 Manipi serta berbagai jenis lomba edukatif, tradisional, dan keagamaan. Tak hanya itu, mereka juga mengajarkan BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an) dan melakukan sosialisasi mengenai ecobrick, yakni teknik pembuatan batu bata atau kerajinan dari sampah plastik sebagai solusi pengelolaan sampah.


Selain itu, mahasiswa juga menyediakan layanan cek kesehatan gratis untuk warga setempat, yang disambut baik oleh masyarakat. Di SMPN 3 Sinjai, Mahasiwa mengadakan seminar tentang eco-enzyme, mikro praktikum, serta praktik langsung pembuatan ecobrick dan pembuatan taman sekolah. Mahasiswa juga membagikan bibit pohon kepada warga sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat, termasuk warga sekolah yang turut antusias dalam partisipasi. 


Acara puncak pada 7 September 2024 menjadi malam ramah tamah yang sekaligus menandai pengukuhan angkatan 2023 Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Sekitar 250 orang hadir dalam acara ini, yang diisi dengan berbagai penampilan, mulai dari tarian tradisional, musikalisasi puisi hingga akustik.

Pengukuhan angkatan 2023 dilakukan oleh Ketua Jurusan atau yang mewakili yaitu Bapak Sofyan Ramli, S.Pd, M.Pd, yang memimpin pembacaan ikrar bagi angkatan baru. Angkatan 2023 secara resmi diberi nama “CE23BRUM” yang memiliki makna Otak yang menggambarkan tentang pentingnya bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai kesuksesan, otak juga menjadi sumber kreativitas, imajinasi dan inovasi manusia.

Kegiatan ini mencerminkan sinergi antara mahasiswa, masyarakat, dan lingkungan, serta menguatkan semangat pengabdian dalam membangun generasi yang peduli pendidikan dan kesehatan.